Jumat, 11 Juli 2008

MELATIH KESABARAN

Kesabaran, kata yang mudah namun lumayan sulit dilakukan. Sebagai manusia sering kali kita mengluh akan keadaan kita, walaupun dalam kenyataan yang sebenarnya kita jauh lebih beruntung dari pada orang lain.

Tidak hanya itu, sebagai manusia kita juga cenderung protektif terhadap diri kita sendiri, yang sering kali secara tidak sadar berusaha menempatkan diri kita lebih dari orang sekitar kita.

Kesabaran juga dibutuhkan ketika kita menahan hawa nafsu, karena tubuh manusia dikendalikan oleh hawa nafsu, jadi secara sederhana, kesabaran adalah proses menahan diri untuk mengikuti keinginan tubuh yang berlebihan.

Ingat!!, manusia terdiri 2 hal,, roh dan tubuh, dimana keduanya bersatu ketika kita masih disebut mahluk hidup. Dimana Roh adalah zat dalam mahluk hidup yang tidak tersentuh, dan berperan langsung menciptakan hubungan antara mahluk hidup dengan penciptaNya. Sedang tubuh adalah kendaraan yang digunakan oleh roh, yang akan terurai begitu roh itu pergi dari mahluk hidup tersebut.

Namun kita sebagai manusia, terkadang sering kali lupa akan keberadaan roh,, dan sering kali kita hanya mempedulikan kebutuhan badaniah kita saja. Sekaranglah saatnya kita juga harus memperhatikan kebutuhan roh kita dengan melatih kesabaran.

Kenapa Begitu? Ya, karena saat kita meninggalkan dunia ini, hanya roh kita yang akan kembali kepadaNya, sedang tubuh kita akan kembali terurai menjadi tanah. Tuhan juga akan bertanya kepada roh kita mengenai dosa dan kebaikkan yang kita lakukan. Agar kita dapat terhindar dari dosa yang akan menjerumuskan kita nantinya, kita perlu kesabaran untuk menahan hawa nafsu dari keinginan tubuh kita yang berlebihan. Dengan begitu, ketika roh kita kembali kepadaNya, walaupun akan ada dosa yang kita bawa, paling tidakk, kita sudah berusaha untuk sabar menahan nafsu dari diri kita sendiri.

Yang penting sekarang, latihlah kesabaran kita dengan cara yang paling sederhana. "Bercermin untuk menahan diri", karena begitu kita mendapat cobaan, yakinlah bahwa Tuhan tidak akan pernah memberi cobaan di luar kemampuan umatNya. Dan yakinlah juga, Tuhan sendiri akan memberi ganjaran untuk semua perbuatan kita, atau perbuatan yang orang lain lakukan kepada kita. Jadi, nikmatilah hidup dengan belajar untuk SABAR!!

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda