Senin, 12 Maret 2018

Nilai Uang Recehan.

Nilai seratus Rupiah itu bisa beli dua gorengan, juga segelas es teh manis. Gorengannya juga bisa milih, bisa gorengan ubi atau gorengan pisang. tapi itu hanya terjadi di tahun 90-an awal, ketika saya masih duduk di bangku sekolah dasar. saat ini nilai uang seratus Rupiah bisa dapat apa ya? kemarin saya membeli permen saja seribu Rupiah hanya dapat empat, bahkan ada yang dapat tiga. jadi kalau di rata-rata, harga permen sekarang lebih dari dua ratus lima puluh Rupiah.
Kebanyakan orang juga malas kalau harus belanja ke warung menggunakan uang seratus atau dua ratusan Rupiah, karena pasti akan lebih banyak jumlahnya. lebih praktis kalau tinggal membawa uang kertas nominal besar, jadi tinggal menunggu kembalian saja. Jadi uang recehan itu fungsinya apa ya? kalau belanja pun nilainya dibulatkan ke atas, artinya kita harus membayar lebih dari nilai recehan sebenarnya, dan sudah jadi permakluman bersama.
mungkin nilai uang elektronik sedikit bisa mengembalikan harga diri si recehan, karena setiap Rupiahnya dihitung dan dipotong secara cermat, jadi kalau uang elektronik kita nilainya kurang satu Rupiah saja, maka tidak akan bisa digunakan untuk pembayaran. berarti recehan harus berterima kasih karena hadirnya teknologi uang elektronik dapat mengembalikan harga diri dan derajat mereka.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda